Copyright © www.aldakwah.org 2014. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Keberadaan Black Box AirAsia QZ8501 Ditemukan

JAKARTA - Kabar baik datang dari misi pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh pada Ahad, 28 Desember 2014 lalu. Kapal milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Kapal Negara (KN) JADAYAT yang tergabung dalam Tim SAR di bawah koordinasi Basarnas berhasil mendeteksi keberadaan black box Air Asia QZ 8501 di kedalaman sekitar 30 sampai dengan 32 meter di bawah laut.

Posisi penemuan black box berada di koordinat 03 37 21 S – 109 42 42 E. Tim penyelam dari TNI AL yang berada di KN Jadayat telah memberi Marker Buoy kecil pada lokasi yang benda yang dideteksi sebagai black box dimaksud.

"Proses pengangkatannya direncanakan baru akan dilaksanakan Senin (12/01) besok pagi, setelah terlebih dahulu melakukan penggeseran serpihan badan pesawat yang menghimpit  black box," ujar Direktur Kenavigasian Ditjen Hubla, Tonny Budiono, MM dalam keterangan persnya seperti dikutip Republika Online, Ahad (11/01).

"Bila penggeseran serpihan badan pesawat tidak berhasil, maka akan melakukan pengangkatan serpihan badan pesawat dengan menggunakan sistem balloon," katanya.

Ia melanjutkan, dalam proses pencarian black box dengan menggunakan pinger locatorsenantiasa dilakukan pengamanan dari gangguan yang dapat diakibatkan oleh lalulintas kapal lain yang melintas dan gangguan sinyal telekomunikasi.

Untuk mengatasi hal itu, diterapkan Protocol Radio Silent yang mengakibatkan untuk sementara Tim Pencari tidak dapat dihubungi secara langsung dengan media komunikasi apapun termasuk radio.

(Republika/SI Online)