Copyright © www.aldakwah.org 2023. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Rupiah Terus Anjlok, Jokowi : Tenang Saja

JAKARTA - Rupiah terus anjlok. Setelah sempat sedikit menguat menjadi Rp12.983 pada Jumat (07/03) lalu, yang sebelumnya pada Kamis (06/03) menembus Rp13.022, mata uang rupiah pada perdagangan hari Senin (09/3) ini kembali melemah, malah lebih parah. Kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat nilai rupiah sebesar Rp13.047 per dollar AS.

Presiden Jokowi kembali menegaskan pelemahan itu terkait faktor global. Ia menyebutkan, fundamental ekonomi Indonesia masih baik, inflasi sangat rendah bahkan Januari kemarin deflasi. Yang kedua, index harga saham juga naik. Yang ketiga, pasar obligasi juga naik.

“Ini kan memang faktor global, faktor eksternal yang semua negara mengalami. Kita selalu bertemu dengan Gubernur Bank Indonesia (BI)  untuk mengantisipasi ini tetapi sekali lagi ini faktor global seluruh dunia juga mengalami. Jadi waspada tapi tenang-tenang saja kita,” kata Jokowi kepada wartawan di sela-sela kunjungannya ke LNG Arun, di Lhok Seumawe, Aceh, Senin (09/03) dikutip laman setkab.go.id.

Mengenai kemungkinan adanya krisis moneter terkait dengan pelemahan nilai tular rupiah itu, Jokowi menegaskan, pelemahan sekarang berbeda dengan dulu, saat rupiah meloncat dari Rp 2.000 menjadi Rp15.000, dan Rp18.000.

“Berbeda dong, loncatannya berapa kali. Ini yang paling penting sekarang selalu menjaga volatilitas pergerakan itu, yang paling penting itu,” tuturnya.

(SI Online)