Copyright © www.aldakwah.org 2014. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Muslim Nigeria Berlomba Membaca Al Quran

LAGOS – Muslim di Nigeria yang berlomba untuk mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an sebanyak mungkin sebelum Ramadan selesai. Banyak orang tua mendorong anak-anak mereka untuk menghafal kitab suci dengan imbalan hadiah, agar anak-anak mencintai Al Quran.

“Dalam keluarga saya, karena istri saya dan saya sendiri keduanya bekerja, kami menantang diri kami siapa yang membaca Al Qur’an paling banyak selama bulan suci,” Hassan Abubakar, seorang bankir dan ayah dari dua orang anak, mengatakan kepada OnIslam.net tentang bagaimana keluarganya menjalani bulan Ramadhan.

“Tahun lalu, dia mengalahkan saya dengan membacanya tiga kali sementara saya hanya membacanya sekali dan kemudian setengah yang lain. Tapi saya bertekad untuk tidak kalah dari dia tahun ini.”

“Alhamdulillahi, saya sudah selesai mengkhatamkan Al-Qur’an sekali tahun ini hanya sehari setelah ia selesai. Tapi anehnya, saya sekarang sudah melebihinya dalam lanjutan membaca Al Quran. Mungkin dia sengaja memperlambat bagi saya,” kata Abubakar, menambahkan ia berharap untuk juga bisa 3 kali khatam membaca Al Quran bulan ramadhan tahun ini.

Bagi Ibrahim Eshinlokun, seorang insinyur sipil, ia mendorong anak-anaknya untuk menghafal sebanyak mungkin ayat Al-Qur’an yang mereka bisa, dengan janji untuk memberikan hadiah yang menghafal paling banyak.

“Saya memiliki tiga anak, dua anak laki-laki dan satu perempuan. Semua dari mereka dapat membaca Al-Qur’an, Masya Allah. Tapi kami telah memberikan mereka tugas menggunakan bulan Ramadhan untuk menghafal kitab suci. Ada hadiah untuk semua orang tapi terbaik di antara mereka memiliki hadiah spesial,” kata Eshinlokun.

Eshinlokun katanya juga mengambil bagian dalam menghafal Al-Qur’an.

“Saya tidak hanya menyuruh mereka untuk melakukan hal ini. Saya bagian dari itu. Kami memiliki target untuk menghafal antara 10 hingga 20 surah. Saya harus mengakui saya tidak begitu pandai menghafal meskipun saya berjuang untuk tidak kalah,” ungkap  Eshinlokun.

Muslim mendedikasikan waktu mereka selama bulan suci menjadi lebih dekat dengan Allah melalui shalat, menahan diri dan perbuatan baik.

Dikenal sebagai bulan Al-Qur’an, adalah kebiasaan bagi umat Islam untuk menghabiskan bagian dari waktu mereka selama Ramadan belajar, membaca dan mempelajari Al Quran.

muslimdaily.net