Copyright © www.aldakwah.org 2023. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

10 Rahasia Keajaiban Buah Kurma Yang Dianjurkan Nabi

SETIAP datangnya bulan suci Ramadhan, akan banyak kita jumpai berbagai makanan dan minuman yang sering muncul untuk dikonsumsi pada saat berpuasa nanti. Baik sebagai menu sahur, ataupun berbuka puasa.

Salah satu menu yang pasti kita temui adalah buah kurma. Pohon kurma adalah salah satu buah yang paling banyak disebut dalam Al Qur`an. Setidaknya, sebanyak dua puluh kali nama buah ini disebut. Lima belas ayat menyebutnya bersama dengan tumbuhan lainnya, sebagai karunia Allah bagi umat manusia.

Tapi tahukah Anda, mengapa kurma banyak disebut Al-Quran dan juga disukai Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam.

Buah yang memiliki nama latin dactylifera phoenix ini, diyakini mempunyai segudang keistimewaan dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Hal ini tidak hanya dibuktikan secara ilmiah semata, tetapi juga telah termaktub dalam al-Qur’anul karim dan sabda Nabi Salallahu ‘alahi wassalam.

Seperti di antaranya dalam surat Ar-Rahman ayat 11 dijelaskan;

وَفِي الأَرْضِ قِطَعٌ مُّتَجَاوِرَاتٌ وَجَنَّاتٌ مِّنْ أَعْنَابٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَاء وَاحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَى بَعْضٍ فِي الأُكُلِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

“Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang memiliki kelomak mayang”. Juga ayat lain “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Q.S Ar-Ra’d: 4)

Walaupun tidak disebutkan secara spesifik manfaat dari buah kurma, tetapi sungguh jika sesuatu terdapat dalam Al-Qur’an, maka pastilah ia merupakan sebuah kebenaran.

Lantas apa saja sebenarnya rahasia keistimewaan buah kurma yang bahkan keberadaannya disebutkan dalam al-Qur’an.

Berikut adalah 10 rahasia keistimewaan buah kurma:

1. Dapat Melindungi Tubuh dari Racun

Rasulullah Salallahu ‘alahi wassalam pernah bersabda; “Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”. Dan benar saja, dalam satu cerita dikisahkan ada seorang wanita yahudi yang melakukan percobaan pembunuhan kepada Rasulullah dengan menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada Perang Khaibar. Ternyata racun yang tertelan oleh beliau bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Bisyir Ibnu al-Barra’, salah seorang sahabat yang juga ikut memakan racun tersebut akhirnya meninggal. Tetapi Rasulullah selamat.

2. Mengandung Zat Anti Kanker

Dalam sebuah penelitian di Mesir, ternyata penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya banyak mengkonsumsi kurma. Dan belakangan terbukti bahwa itu dikarenakan kurma memiliki zat-zat yang bisa mematikan sel kanker. Sebagai mana diketahui, sebagian besar penduduk jazirah arab atau yang tinggal di daerah sahara dan oasis menjadikan kurma sebagai makanan pokok.

Kurma adalah salah satu makanan khas di Timur Tengah. Kaum Arab Badui, menjadikan kurma secara teratur. Menurut sebuah survei, prevalensi pengidap kanker dan sakit jantung pada Suku Baduwi sangat kecil dan paling rendah dibanding penduduk Arab lain.

 3. Memiliki Kadar Gula yang Tinggi

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi, dikatakan dari Anas r.a, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam, berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air”.

Hal ini menjelaskan bahwa sebetulnya kurma mempunyai kandungan yang baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa. Dan benar saja, ternyata kurma adalah jenis makanan yang kaya akan glukosa, yang mampu menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa.

Dan hebatnya lagi, kenapa Rasulullah menganjurkan berbuka dengan kurma adalah bukan tanpa alasan. Ternyata setiap 100gram kurma segar mengandung 277 kalori yang diperoleh dari 58 persen karbohidrat. Dan karbohidrat yang terkandung dalam kurma pun berbentuk rantai pendek dan mudah larut dalam air yang fruktosa. Sehingga energi yang disediakan oleh kurma lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding jika mengkonsumsi gula sukrosa seperti gula tebu.

4. Sebagai Sumber Protein

Kandungan total protein pada buah kurma mencapai 1.4-1.7gram/100gram kurma basah, jumlah ini diperkirakan sama dengan jumlah protein yang terdapat pada daging. Kandungan protein pada buah kurma akan mencapai puncaknya pada tahap kematangan kimri dan terus menurun seiring dengan derajat kematanan buah. Kandungan lain yang terkandung dalam kurma seperti Treonin, Lisin dan Isoleusin sebagai asam amino esensial bahkan jumlahnya mencapai ratusan kali lebih banyak dari yang terkandung dalam buah apel.

5. Mengandung Multivitamin Lengkap

Kandungan yang juga amat penting yang terdapat pada kurma adalah Kandungan pro Vitamin A (beta karoten) yang mencapai 89 mikro gram per 200 gram buah segar. Vitamin A juga berkhasiat untuk kesehatan mata, sehingga tak heran jika kebanyakan orang gurun rajin mengkomsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan. Selain itu kurma juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin K yang berfungsi sebagai anti oksidan.

6. Sumber Unsur Mineral

Buah kurma terbukti mengandung banyak unsur mineral yang baik untuk tubuh, seperti fosfor, kalsium, magnesium, besi, sodium, sulfur dan klorin. Sebagaimana fosfor dan kalsium berfungsi untuk membentuk tulang dan kesehatan gigi, fosfor juga berperan penting sebagai nutrisi otak. Besi sangat penting untuk aktivitas pembentukan hemoglobin dan zat darah merah sehingga mampu mencegah anemia.

7. Kaya Serat

Serat yang terkandung dalam kurma ternyata mampu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat dalam kurma juga mampu mencegah terjadinya kanker usus besar, dikarenakan serat berfungsi membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengingat bahan kimia.

8. Sangat Baik Untuk Ibu Hamil dan Melahirkan

Dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya, ath-Thib an-Nabawy wal ‘Ilmil Hadis(Pengobatakan Ala Nabi dan Ilmu Modern) mengatakan bahwa perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula. Hal ini dikarenakan banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan jabang bayi, terlebih lagi jika hal itu membutuhkan waktu yang lama.

Sehingga kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya, yaitu kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam kurma basah (ruthab). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh.

9. Memperlancar ASI dan Mengobati Kemandulan

Beberapa hormon yang terkandung dalam kurma juga berfungsi untuk menghambat aktivitas hormon kelenjar gondok atau glandula thyreoidea. Dan juga hormon pembangkit kelenjar susu, sehingga dapat memperlancar ASI. Serta sebut sari kurma juga dipercaya dapat mengobati kemandulan.

10. Sebagai Penangkal Sihir

Disebutkan dalam Shahih Bukhari Muslim, hadits yang diriwayatkan oleh Sa’ad bin Abi Waqqash, Nabi Shalallahu ‘alahi wa sallam bersabda; “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”

Berkaitan dengan keistimewaan kurma Ajwah, Ibnu Hajar Al-Asqalani menukil perkataan Imam Al-Khathabi juga mengungkapkan: “Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a dan keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah, bukan karena dzat itu sendiri.”

Jadi begitulah keistimewaan buah kurma dengan berbagai macam khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Wallahu ‘alam bis Shawab.

Hidayatullah.com