Copyright © www.aldakwah.org 2014. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Hendak Wafat, Ahli Ibadah Kisahkan Kengeriannya

HABIB AL AJAMI ketika hendak wafat terlihat amat cemas, hingga ada yang menanyakan perihal tersebut,”Apa yang engkau takutkan wahai Habib?”

Habib Al Ajami yang merupakan ahli ibadah itu menjawab,”Aku hendak melakukan perjalanan yang aku belum pernah mengalaminya!  Aku hendak melalaui jalan yang belum pernah aku lalui! Aku hendak menghadap Tuan yang tidak pernah aku lihat sebelumnya! Aku hendak berada di suasana yang menakutkan yang belum pernah aku saksikan permisalannya!”

Ahli Ibadah Bashrah yang terkenal dengan keterkabulan doanya ini melanjutkan,”Aku hendak tinggal di tanah di bawah bumi, dan menetap di sana hingga hari kiamat, kemudian aku menghadap kepada ?Allah Ta’ala. Aku takut jika Dia bertanya,’Wahai Habib, tuntukkan kepada-Ku satu saja dari tasbih-mu yang engkau puji Aku dengannya selama 60 tahun yang terbebas sama sekali dari godaan syaitan.’ Maka apa yang hendak aku katakan? Aku tidak memiliki alasan lagi, dan aku akan mengatakan,’Wahai Rabb, di sini aku datang kepada-Mu dengan tangan terikat di leher untuk menyerahkan diri!'”

Inilah keadaan laki-laki yang beribadah kepada Allah selama 60 tahun, sibuk dengan amalan dan tidak pernah menyibukkan diri dengan dunia, lalu bagaimana dengan keadaan kita?! (Thabaqat Al Auliya, hal. 185-186)

Hidayatullah.com