Copyright © www.aldakwah.org 2014. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Ini Aturan Perdagangan Ala Rasullullah

Nabi Muhammad SAW tidaklah diutus untuk menjadi pedagang. Namun beliau telah sukses menjadi pedagang ideal. Kunci kesuksesannya, sesungguhnya ada pada prinsip kejujuran dan keadilan dalam berhubungan dengan pelanggan, yang selalu diterapkannya. 

Dalam kitab Ensiklopedi Muhammad, yang ditulis oleh Afzalul Rahman, disebutkan sedikitnya ada delapan peraturan yang patut diperhatikan dalam berdagang. 

Pertama, Penjual tidak boleh berbohong dan menipu pembeli mengenai barang-barang yang dijualnya. Nabi bersabda: "Jika dilakukan penjualan, katakan tidak ada penipuan" (18:10).

Baca Selengkapnya....

Larang Anak Mandi Hujan? Ini Pesan Rasulullah

Musim hujan kemungkinan akan segera tiba pada Oktober atau November mendatang. Nah, anak-anak mana sih yang tidak suka mandi hujan ketika musim hujan tiba. Di masa kecil dulu, kita pun mungkin pernah bermain hujan, berlari-larian di bawah derasnya hujan, atau main bola di tengah guyuran hujan.

Tapi, para orang tua sebaliknya selalu merasa khawatir dan melarang anak-anak mereka mandi hujan. Para orang tua takut anak-anak mereka menjadi sakit, masuk angin, demam ataupun pilek karena mandi hujan.

Lalu, bagaimana Islam memandangkan aktivitas mandi hujan. Apakah Rasulullah SAW melarang kita mandi hujan?

Budi Ashari Lc, penulis pada situs parenting nabawiyah, mengatakan ada hadist yang menjelaskan Rasulullah SAW pernah mandi hujan.

Baca Selengkapnya...

Khutbah Rasul Menjelang Ramadhan Tiba

Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama.

Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya.

Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu di hari kiamat.

Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. Muliakanlah orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya. Kasihilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu.

Baca Selengkapnya...

Lima Bukti Seorang Muslim yang Mencintai Rasulullah

Oleh: Cecep Supriadi

JAKARTA -- Sebagian Muslim mengaku paling mencintai Nabi karena selalu merayakan kelahirannya. Sebagian yang lain mengaku paling mencintai karena selalu melaksanakan sunnahnya. Mereka tentu jauh lebih baik dari orang yang tidak mencintai Nabi, tidak merayakan kelahirannya, dan tidak pula melaksanakan sunnahnya.

Di luar Muslim, ada beberapa orang yang menghina, menuduh penipu, pembohong, gila seks karena memiliki banyak istri, rakus harta, serta banyak tuduhan dan penghinaan lainnya. Penghinaan terhadap beliau tidak hanya berlangsung saat ini saja.

Ketika beliau masih hidup pun, jauh lebih parah dan menyakitkan. Namun ada pula yang mengakui kemuliaan akhlaknya, mengagumi sikap kepemimpinannya, kelembutan hati Nabi, bahkan menempatkannya sebagai “Top One”, orang paling berpengaruh di dunia. 

Baca Selengkapnya....

Adab Berhari Raya, Idul Fithri dan Idul Adha

Berhari raya bagi seorang muslim bukan sekadar berbahagia dan bersenang-senang. Hari raya adalah momen untuk menguatkan hubungan dengan Allah. Bukan hanya simbolitas semata, seperti berbaju baru, makan-makan, dan menghabiskan uang.

Adab apa saja yang mesti kita lakukan ketika berhari raya agar bernilai ibadah.

Baca Selengkapnya...

Cara Rasulullah Memperlakukan Orang Munafik

Meski diketahui sifat mereka sesungguhnya, Rasulullah tetap memperlakukan orang-orang munafik itu seperti orang Muslim pada umumnya. Meski demikian umat Islam tetap mewaspadai kemunafikan mereka.

Peristiwa pengusiran Yahudi Bani Qunaiqa dari Madinah, berikut pembelaan Abdullah bin Ubay kepada orang-orang Yahudi dalam bentuk yang telah kita ketahui dengan jelas, telah membeberkan fakta kemunafikan orang tersebut. Dari sikapnya itu, jelas bahwa dia adalah seorang munafik sejati yang menyimpan kedengkian dan kebencian kepada Islam dan kaum Muslimin.

Baca Selengkapnya...