Copyright © www.aldakwah.org 2014. All Rights Reserved.

Get Adobe Flash player
Anda dapat membaca Artikel serta kajian yang disediakan oleh kami
Anda dapat mengetahui berita islam terkini baik berita lokal maupun Internasional
Anda dapat mengakses murottal Al-Quran beserta terjemahannya ke berbagai bahasa
Anda dapat mengakses kajian audio yang kami terbitkan
Anda dapat berinfaq serta besedekah melalui perantara kami
Anda dapat memesan produk kami secara online

Jika tak Dikelola dengan Baik Sampah Jakarta Bisa Jadi Bencana Nasional

 
JAKARTA - Persoalan sampah di Jakarta bagai bom waktu, bisa meledak kapan saja. Dari gubernur ke gubernur, kisruh sampah Jakarta sudah berkali-kali terjadi. Namun, hingga kini belum ada terobosan agar volume sampah di Jakarta bisa dikurangi sebelum sampai ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Bekasi.
 
Persoalan utama sampah Jakarta adalah volume sampah yang terlalu banyak sehingga imbasnya merembet ke mana-mana. Mulai dari gangguan pengelolaan sampah menjadi kompos dan listrik di TPST hingga truk-truk sampah terpaksa mengangkut sampah di luar jam operasional karena sampah di Jakarta sudah menumupuk. Dampak terbesar dari volume sampah yang terus membesar, tentunya persoalan lingkungan hidup, yang ujungnya penolakan masyarakat sekitar TPST.

Baca Selengkapnya....

MUI ingatkan masyarakat jebakan klaim halal sepihak

JAKARTA – Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Prof.Dr.H. Hasanuddin AF, MA., mengingatkan agar masyarakat tidak terjebak dalam klaim halal yang dinyatakan sepihak oleh mereka yang berkepentingan dalam bisnis yang dijalankan.

“Kami mengingatkan masyarakat bahwa ketentuan halal itu merupakan kaidah syariah, dengan fatwa para ulama. Bukan sebagai pernyataan-pernyataan sepihak untuk kepentingan bisnis. Maka jangan terjebak dengan klaim halal sepihak semacam itu,” tutur guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini, lansir laman LPPOM MUI, Jumat (6/11/2015)

Dan ketetapan fatwa oleh para ulama itu, tambahnya pula, didasarkan pada kajian, penelitian, dan audit lapangan mendalam yang dilakukan oleh LPPOM MUI dalam proses sertifikasi halal.

Baca Selengkapnya....

Pelaku Penembakan Muslim di Aceh Singkil Bisa Dijerat UU Anti Terorisme

SINGKIL - Aparat penegak hukum bisa menjerat pelaku penembakan bukan hanya dengan pasal KUHP tentang kepemilikan senjata api secara ilegal, dan menghilangkan nyawa orang, tapi juga dengan UU Anti Teroris.

“UU Anti Teroris jangan hanya diberlakukan kepada umat Islam, tapi juga penganut agama lain. Bahkan bicara hukum Islam, hukuman bagi yang melakukan pembunuhan adalah nyawa dibalas dengan nyawa,” tandas Doni Chandra, dari Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Sumatera Utara hari Ahad, (18/10/2015).

Baca Selengkapnya....

Kasus Aceh Singkil Bukan Masalah Intoleransi, tapi Ketidakbecusan Pemerintah

 
SINGKIL - Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Sumatera Utara pada Ahad, (18/10) menyayangkan lemahnya kinerja aparat pemerintahan sehingga memicu konflik horizontal di Aceh Singkil.
 
“Apa yang terjadi di Aceh Singkil bukanlah masalah intoleransi, tapi soal ketidakbecusan Pemerintah Daerah setempat dalam mengatur keberadaan rumah ibadah tanpa izin alias ilegal. Ini akar masalah sesungguhnya,” ungkap Khairul Anwar Hasibuan, SH dari PAHAM Sumut.

Baca Selengkapnya....

Inilah Kloter Pertama yang akan Kembali Ke Tanah Air

MEKKAH - Jemaah haji dari Jakarta Utara (JKS 01) menjadi kelompok terbang (kloter) pertama yang akan kembali ke Tanah Air pada Senin, pukul 8.40 Waktu Arab Saudi.

“Kami sudah siap sejak pukul 20.00 WAS, karena pukul 22.00 WAS katanya akan diberangkatkan ke Bandara,” ujar Ishaka Husen (48), jemaah dari Koja, Jakarta Utara (Jakut) ketika ditemui di lobi pemondokan 626, wilayah Syisyah, Mekkah, Arab Saudi, Minggu, dilansir antaranewscom.

Ishaka Husen mengaku senang akhirnya bisa kembali ke Tanah Air untuk bertemu istri dan ketiga anak perempuannya, setelah lebih dari satu bulan berada di Tanah Suci.

Baca Selengkapnya....

Soal Tragedi Mina, Ada Usaha Memojokkan Saudi Tak Becus Urusan Haji

Ketua Umum Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Dr. Hamid Fahmy Zarkasi menyatakan beberapa penyebab terjadinya musibah dalam pelaksanaan haji tahun ini harus dipilah-pilah.

Seperti jatuhnya alat berat (crane) murni masalah security(keselamatan) yang kurang maksimal, ditambah adanya badai dan angin besar di seluruh Arab. Sementara untuk kasus tragedi di Mina akibat berdesak-desakan, ada banyak kemungkinan.

Baca Selengkapnya....